Artikel

Mengurangi Risiko Cedera Pasien Akibat Terjatuh

pasien-risiko-jatuh

Jatuh adalah suatu peristiwa di mana seseorang mengalami jatuh dengan atau tanpa disaksikan oleh orang lain, tidak disengaja/ tidak direncanakan, dengan arah jatuh ke lantai, dengan atau tanpa menciderai dirinya.

Berdasarkan pengalaman kasus; beberapa kejadian di rumah sakit kadang tidak diperhatikan, yaitu pasien jatuh pada saat sedang mendapatkan pelayanan di rumah sakit; baik itu pasien rawat jalan maupun pasien rawat inap. World Health Organization (WHO) mendefinisikan jatuh sebagai "an event which results in a person coming to rest inadvertently on the ground or floor or some lower level"  Mengurangi Risiko Cedera Pasien Akibat Terjatuh merupakan salah satu dari 6 (enam) SKP Sasaran Keselamatan Pasien.

Penyebab jatuh

  1. Faktor Fisiologis  :
    Kondisi insiden jatuh atau terjatuh merupakan suatu hal yang umum yang terjadi pada lansia, orang sakit, anak anak, atau orang cedera yang sedang lemah.
  2. Faktor Lingkungan :
    Faktor lingkungan yang dpat menyebabkan resiko jatuh; antara lain : lantai licin; cairan di lantai; tidak terpasang keset anti slip; tidak adanya rel pengaman dan rel pegangan; dll.

Risiko jatuh adalah pasien yang berisiko untuk jatuh yang umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan dan/ atau faktor fisiologis dapat berakibat cidera. Insiden jatuh tentu akan merugikan pasien atau klien terutama secara fisik, disi lain hal ini juga menyakut kualitas pelayan dari sebuah rumah sakit. Sehingga tenaga kesehatan, staff medis harus sangat memperhatikan kondisi pasien dengan melaksanakan assesmen resiko jatuh dengan menggunakan instrument yang tepat.

Maksud dan Tujuan
Jumlah kasus jatuh menjadi bagian yang bermakna penyebab cedera pasien rawat inap. Dalam konteks populasi/masyarakat yang dilayani, pelayanan yang diberikan, dan fasilitasnya, fasilitas pelayanan kesehatan perlu mengevaluasi risiko pasien jatuh dan mengambil tindakan untuk mengurangi risiko cedera bila sampai jatuh.

Evaluasi bisa meliputi riwayat jatuh, obat dan telaah terhadap obat dan konsumsi alkohol, penelitian terhadap gaya/cara jalan dan keseimbangan, serta alat bantu berjalan yang digunakan oleh pasien. Program ini memonitor baik konsekuensi yang dimaksudkan atau yang tidak sengaja terhadap langkah-langkah yang dilakukan untuk mengurangi jatuh.

Misalnya penggunaan yang tidak benar dari alat penghalang atau pembatasan asupan cairan bisa menyebabkan cedera, sirkulasi yang terganggu, dll. Program tersebut harus diterapkan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Pencegahan & Mengurangi Risiko Pasien Jatuh
Dalam konteks ini rumah sakit melakukan evaluasi risiko pasien terhadap jatuh dan segera bertindak untuk mengurangi risiko terjatuh dan mengurangi risiko cidera akibat jatuh. Rumah sakit menetapkan program mengurangi risiko terjatuh berdasarkan kebijakan dan atau prosedur yang tepat. Program ini memantau baik konsekuensi yang diinginkan maupun tidak diinginkan dari tindakan yang diambil untuk mengurangi jatuh.

Aktifitas Umum yang dilaksanakan :

  1. Menerapkan proses asesmen awal risiko pasien jatuh dan melakukan asesmen ulang terhadap pasien bila diindikasikan terjadi perubahan kondisi atau pengobatan.
  2. Langkah-langkah diterapkan untuk mengurangi risiko jatuh bagi mereka yang pada hasil asesmen dianggap berisiko.

Aktifitas Khusus yang dilaksanakan :

  1. Mengidentifikasi pasien yang memiliki risiko tinggi jatuh dengan menggunakan “Asesmen Risiko Jatuh”.
  2. Melakukan evaluasi risiko pasien terhadap jatuh dan asesmen ulang pada semua pasien(setiap hari / Bila ada perubahan )
  3. Melakukan asesmen yang berkesinambungan terhadap pasien yang berisiko jatuh dengan menggunakan “Asesmen Risiko Jatuh Harian”
  4. Menetapkan standar pencegahan dan penanganan risiko jatuh secara komprehensif, dan
  5. Mengurangi risiko cidera akibat jatuh.

Asesmen risiko jatuh awal akan dilakukan :

  1. Perawat akan melakukan Asesmen Risiko Jatuh pada seluruh pasien yang masuk di IGD, rawat jalan dan rawat inap dengan menggunakan formulir pengkajian risiko jatuh yang berlaku di Krakatau Medika Hospital, yaitu untuk pasien dewasa menggunakan formulir dengan asesmen risiko jatuh yang mengacu kepada Morse Fall Scale, sedangkan untuk pasien anak menggunakan skala Humpty Dumpty. Untuk rawat jalan menggunakan formulir get up and go pasien ditandai dengan pita kuning diikat di lengan.
  2. Perawat akan melakukan reasesmen risiko jatuh dalam waktu 4 jam dari pasien masuk di rawat inap dan mencatat hasil asesmen ke dalam rekam medis pasien.
  3. Jika hasil asesmen risiko jatuh ditemukan adanya risiko jatuh dengan skala sedang sampai berat maka pasien akan diberikan stiker warna kuning pada gelang identitas yang mengidentifikasikan bahwa pasien dengan risiko jatuh.

Asesmen ulang risiko jatuh akan dilakukan :

  1. Setiap pasien rawat inap akan dilakukan asesmen ulang risiko jatuh setiap hari atau bila ada perubahan kondisi pasien.
  2. Penilaian risiko jatuh dengan menggunakan formulir pengkajian risiko jatuh; misalnya untuk pasien dewasa menggunakan formulir dengan asesmen risiko jatuh yang mengacu kepada Morse Fall Scale, sedangkan untuk pasien anak menggunakan skala Humpty Dumpty dan untuk rawat jalan menggunakan form get up and go.
  3. Untuk mengubah kategori dari risiko sedang dan tinggi ke risiko jatuh rendah diperlukan skor <5 dalam 2 kali pemeriksaan berturut - turut

Mitigasi Risiko :
Dari hasil Asesmen diperoleh parameter risiko yang telah dilengkapi dengan skor tingkatan (derajat) risiko; yang selanjutnya dianalisa faktor mitigasinya berupa langkah langkah intervensi yang harus dilakukan.

Jenis intervesni yang dilakukan sangat beragam tergantung parameter risikonya; misalnya memperbaiki kondisi lingkungan dan fasilitas rumah sakit; a.l. memasang karpet anti slip, memamasang atau memperbaiki rel pegangan, memasang dan memperbaiki pengaman tempat tidur, memasang dan memperbaiki kursi tunggu, dll. Hal lain yang lebih spesifik; memperbaiki jarak jangkauan barang atau fasilitas yang biasa digunakan oleh pasien; a.l. bell panggilan, memastikan roda tempat tidur terkunci, memastikan pagar pengaman tempat tidur dinaikkan /terkunci.

Hal penting lainnya adalah turut melibatkan pasien dan keluarga dalam mengurangi risiko jatuh; misalnya dengan melalui edukasi, penjelasan kondisi lingkungan, menjelaskan jadwal kunjungan nakes, dll.

 


Baca Juga :

 

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button