Berita

TIM PROGNAS STUNTING RSKM ADAKAN PELATIHAN ANTROPOMETRI DAN PENILAIAN STATUS GIZI ANAK

Krakataumedika, 26 Oktober 2023

Tim Prognas stunting RS Krakatau Medika adakan pelatihan antropometri dan penilaian status gizi anak pada tenaga kesehatannya. Pelatihan diadakan di ruang dendrobium RSKM.

Pelatihan diikuti sebanyak 50 peserta tenaga kesehatan dari beberapa unit pelayanan yang berhubungan dengan penanganan kesehatan anak seperti tenaga perawat poli klinik kesehatan ibu dan anak, perawatan NICU/PICU, Asoka, Instalasi Gawat Darurat, Perawatan unit Melati, Fisioterapi dan Terapiwicara.

Sebagai pemateri pelatihan ini dr.Nur Laila Fitriati A, Sp.A staff medis fungsional RS Krakatau Medika dalam pemaparan materi pelatihan dr.Nur memberikan penjelasan pelatihan pengukuran antropometri dan penilaian status gizi ini penting bagi nakes yang mempunyai peran dalam penanganan kesehatan anak dimana anak akan mendapat penilaian status gizinya pada awal menadapat pengukuran seperti berat badan, tinggi badan dan pengukuran organ lainnya.

Stunting adalah gangguan tumbuh kembang yang dialami anak akibat gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai. Anak-anak didefenisikan sebagai stunting jika tinggi badan menurut usia mereka lebih dari dua standar deviasi di bawah median standar pertumbuhan anak.*(WHO)    

Perawakan pendek atau sangat  pendek berdasarkan panjang/tinggi  badan menurut usia (TB/U) yang  kurang dari -2 Standar Deviasi (SD)  pada kurva pertumbuhan WHO,  disebabkan :

  • Kekurangan gizi kronik
  • Asupan nutrisi dan kesehatan ibu yang buruk
  • Riwayat sakit berulang
  • Praktik pemberian makan pada bayi dan anak yang tidak

 

Stunting diawali oleh growth faltering atau pertumbuhan berat badan yang tersendat terjadi paling banyak usia 3 hingga 18 sampai dengan 24 bulan. Terjadi lebih awal pada anak-anak dari negara berpenghasilan menengah kebawah.

Akhir dari  pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kesehatan di RS Krakatau Medika sehingga dalam penangan pada anak kasus stunting dapat tertangani dengan baik.#hmsKM

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button