Artikel

PHBS Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Tatanan Rumah Tangga

phbs-rumah-tangga

PHBS (perilaku Hidup Bersi dan Sehat) di Tatanan Rumah Tangga adalah semua perilaku kebersihan dan kesehatan yang dilakukan atas kesadaran masing masing sehingga setiap anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Pengertian

PHBS di Tatanan Rumah Tangga adalah upaya untuk menyadarkan keluarga dan masing masing anggota keuarga agar memilki kemaunan dan kemampuan dalam mempraktikkan PHBS.Sehingga keluarga dan seluruh anggota keluarga dapat memelihara dan meningkatkan kesehatannya, mencegah resiko terjadinya penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Rumah tangga atau keluarga yang sehat dapat diwujudkan dengan mengimplementasikan PHBS dan menciptakan dukungan lingkungan yang sehat.

Rumah tangga atau keluarga yang sehat merupakan aset utama pembangunan yang perlu dipelihara terus menerus, ditingkakan dan dilindungi kesehatannya. Sehingga perlu dilakukan upaya upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kemauan dan kemampuan anggota rumah tangga atau anggota keluarga untuk melaksanakan PHBS, dan ikut berperan aktif dalam gerakan PHBS di masyarakat.

Latar Belakang PHBS di Tatanan Rumah Tangga

Bahwa rumah tangga atau keluarga sehat merupakan aset atau modal utama pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, ditingkakan dan dilindungi kesehatannya. Beberapa anggota rumah tangga mempunyai masa rawan terkena gangguan berbagai penyakit. Angka kesakitan dan kematian penyakit infeksi dan non infeksi dapat dicegah dengan PHBS.

PHBS itu jumlahnya bisa banyak sekali, bisa ratusan; misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi Garam Beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A; dst. Namun setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan; untuk manfaat yang tidak ternilai; baik bagi rumah tangga itu sendiri, lingkungan, dan bahkan nasional.

Manfaat PHBS di Tatanan Rumah Tangga

• Setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit.
• Anak tumbuh sehat dan cerdas.
• Anggota keluarga giat bekerja.
• Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk peningkatan pendapatan keluarga.

Rumah Tangga Ber-PHBS adalah rumah tangga yang melakukan 10 PHBS di Rumah Tangga, yaitu :

  1. Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan.
  2. Memberi bayi ASI Eksklusif.
  3. Menimbang balita setiap bulan.
  4. Menggunakan air bersih.
  5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.
  6. Menggunakan jamban sehat.
  7. Memberantas jentik di rumah sekali seminggu.
  8. Makan buah dan sayur setiap hari.
  9. Melakukan Aktivitas Fisik setiap hari.
  10. Tidak merokok di dalam rumah.

PHBS Tatanan Rumah Tangga harus dapat diketahui, dimengerti dan dipraktekkan oleh keluarga, anggota keluarga, serta lingkungan dimana setiap keluarga tinggal. Dalam kondisi ini peran anggota keluarga, masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah daerah sangat berpengaruh termasuk dalam tersedianya fasilitas serta adanya kebijakan yang mendukung.

phbs-rt

 

 

Referensi :
Permenkes RI No 2269/MENKES/PER/XI/2011 ttg Pembinaan PHBS
Flyer PHBS Rumah Tangga; Kemenkes RI

 


Baca Juga :

 

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button