Klinik Urologi

urologi

Rumah Sakit Krakatau Medika memiliki Layanan Klinik Urologi;  Urologi merupakan salan satu bidang kesehatan yang mempelajari kelainan, gangguan dan penyakit pada saluran kemih dan genital pada laki-laki dan juga saluran kemih wanita.

Peralatan

ESWL adalah alat canggih dengan teknologi tinggi yang dapat menghancurkan batu ginjal dan batu saluran kemih dengan gelombang kejut tanpa melakukan operasi (bedah).

ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) adalah tindakan memecah batu yang ditembakkan dari luar tubuh dengan menggunakan gelombang kejut yang dapat memecahkan batu menjadi pecahan yang halus, sehingga pecahan tersebut dapat keluar bersama dengan air seni. Keutungan dari tindakan ESWL ini yaitu tindakan ini dilakukan tanpa membuat luka, tanpa pembiusan dan dapat tanpa rawat inap.

Keuntungan ESWL :
1 Dapat dilakukan dengan rawat jalan.
2 Tidak perlu anestesi
3 Tanpa luka operasi
4 Efek samping lebih sedikit dibanding operasi.

Diagnosa

Diagnosa didukung dengan peralatan pemeriksaan pencitraan (imaging) dari Rontgen sampai USG, atau juga MSCT Scan (Multi Slice Computed Tomography - Scan) dan MRI (Magnetic Resonance Imaging) serta dukungan pemeriksaan penunjang medik, seperti Pemeriksaan Laboratorium melalui Urine Analysis; serta Pemeriksaan Kapasitas dan Kapabilitas organ urinary secara menyeluruh.  Pelayanan dilakukan oleh Dokter Spesialis Urologi yang kompeten dan berpengalaman dengan dibantu tenaga kesehatan yang terlatih.

Gangguan Organ Urinary

Beberapa gangguan organ urinary; antara lain :

  • Infeksi saluran kemih
  • Prostat
  • Batu ginjal
  • Batu kandung kemih
  • Inkontinensia (mengompol)
  • Retensiurin akut; dll

eswl