Artikel

Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan

Vitamin-C

Vitamin C atau Ascorbic Acid (Asam Askorbat) adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai jenis penyakit. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular.

Sumber vitamin C yang baik adalah buah dan sayuran segar, terutama buah jeruk. Vitamin C juga bisa dibuat di laboratorium; namun dalam mendapatkan asupan vitamin C sebaiknya diperoleh dari buah buahan dan sayuran dibanding menggunakan tablet atau suplemen. Vitamin C akan dikeluarkan oleh tubuh jika didalam tubuh berlebih. Vitamin C adalah salah satu nutrisi paling aman dan paling efektif.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Vitamin C; sbb :

1. Vitamin C adalah antioksidan kuat
Antioksidan didalam tubuh dapat melindungi sel dan membatasi kerusakannya dengan menstabilkan dan membersihkan radikal bebas. Vitamin C, jika koninasi dengan Vitamin E dan Beta Karoten dapat membantu menjaga tubuh lebih muda dan melindunginya dari kondisi penuaan dini.

Jika mengkonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30%, hal ini dapat membantu sistem kekbalan tubuh dalam melawan peradangan.

Olahraga dan katifitas fisik dalam kondisi rendah vitamin V dapat mendorong terbentuknya radikal bebas. Maka jika sering berolahraga atau beraktifitas fisik, sebaiknya menambahkan asupan vitamin C untuk mencegah efek buruk dari radikal bebas.
 
2. Vitamin C dapat menurunkan tekanan darah Anda
Vitamin C larut dalam air, sehingga vitamin C dapat berfungsi sebagai diuretik yang mendorong ginjal mengeluarkan lebih banyak natrium dan air dari tubuh, sehingga membantu melemaskan dinding pembuluh darah; yang pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Dengan menurunnya tekanan darah maka dapat menurunkan resiko terkena stroke dan meningkatkan kesehatan jantung, dimana pada kondisi saat ini banyak orang menderita penyakit kardiovaskular yang berujung pada kematian.

3. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda
Sudah menjadi hal yang umum bahwa vitamin C dapat mencegah beberapa penyakit dan dapat mengurangi serta mencegah serangan beberapa penyakit; seperti pilek dan flu.

Vitamin C sangat penting untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kekuatan dan perlindungan terhadap pencegahan masuknya kuman, mikroorganisme, dan virus. Vitamin C juga berperan dalam mengurangi peradangan, dimana sebenarnya berasal dari sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C juga melindungi sistem kekebalan tubuh, mengurangi keparahan reaksi alergi, dan membantu melawan infeksi. Jika ingin tetap bugar dan sehat maka sebaiknya menambahkan lebih banyak asupan Vitamin C  menjadi prioritas.

4. Vitamin C meningkatkan penyerapan Zat Besi
Vitamin C membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam penyerapan zat besi; dimana peran utama zat besi adalah meningkatkan kemampuan tubuh untuk membawa oksigen melalui darah; sementara jika defisiensi zat besi dapat menyebabkan anemia.
 
5. Vitamin C membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut
Jika menginginkan kulit lebih jernih dan rambut lebih kuat maka vitamin C berperan besar dalam mewujudkan hal ini menjadi kenyataan. Vitamin C membantu membangun protein kolagen dan ditambah dengan kemampuannya dalam penyerapan zat besi, maka tidak hanya akan menjadikan kulit dan rambut yang lebih sehat; tetapi juga akan terpelihara dengan baik.

Kolagen sedikit menjadi kata kunci, tetapi hindari suplemen kolagen; dan sebagai penggantinya adalah mengkonsumsi makanan kaya kolagen seperti buah beri dan makanan tinggi omega-3 seperti alpukat dan salmon. Kombinasi kolagen dan Vitamin C dapat memberikan manfaat "kecantikan alami".
 
6. Vitamin C membantu menurunkan berat badan
Semua orang ingin menurunkan berat badan, membentuk otot atau mempertahankan berat badan idel, namun hal itu bukan sesuatu yang mudah dan salah satu jalan keluarnya adalah sedikit tambahan Vitamin C dari buah buahan; disamping pola makan seimbang dan olahraga.

Status Vitamin C berbanding terbalik dengan massa atau berat tubuh. Individu dengan status vitamin C yang memadai mengoksidasi lebih banyak lemak ketika berolahraga; dibandingkan individu dengan status vitamin C rendah. Dengan demikian, individu yang kekurangan vitamin C mungkin lebih sulit dalam menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

7. Vitamin C baik untuk kesehatan fisik dan mental
Seseorang dengan kadar vitamin C yang lebih tinggi akan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menderita depresi dan kelelahan. Hal ini dimungkinkan oleh faktor beberapa manfaat vitamin C terhadap kebugaran fisik; penyerapan zat besi; dan kemampuannya mengurangi efek dari radikal bebas.

Jika seseorang kekurangan vitamin C maka akan nampak gejala-gejala berikut : peradangan pada gusi, penyembuhan luka lambat, rambut kering dan ujungnya membelah, kulit kusam, kasar dan kering, sistem kekebalan tubuh lemah, serta persendian bengkak dan terasa nyeri.

 


Baca Juga :

 

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button