Berita

Hari Kesehatan Dunia 2020; Wolrd Health Day 2020

world-health-day2020

Setiap tanggal 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia (Wolrd Health Day) dengan tujuan untuk membangun awareness (kesadaran) terhadap kesehatan masyarakat dunia pada isu kesehatan tertentu yang diprioritaskan oleh WHO (World Health Organization).

Momen tersebut juga menandai hari dan tanggal didirikannya WHO yang diinisiasi pertamakali dengan dibentuknya Majlis Kesehatan (Health Assembly) pada tahun 1948; namun mulai berpengaruh dan diberlakukan sejak tahun 1950.

Serlama 50 (lima puluh) tahun terakhir WHO telah mempromosikan dan membangun kesadaran terhadap berbagai masalah kesehatan penting; seperti kesehatan mental, kesehatan ibu dan anak (KIA), dan tentang kesehatan akibat perubahan iklim global; dll.

Untuk Hari Kesehatan Dunia pada tahun 2020 ini; dimana terjadinya wabah Pandemi COVID-19; WHO mengangkat isu tentang hal hal sbb :

  • Penghormatan terhadap kontribusi tenaga kesehatan; khusunya perawat dan bidan, dan juga secara umum tenaga kesehatan lainnya dalam peran vital mereka untuk menjaga dunia tetap sehat. Tenaga Kesehatan, perawat dan petugas kesehatan lainnya berada di garis depan dalam melawan COVID-19, mengambil resiko mempertaruhkan nyawa dan kesehatan mereka sendiri dalam melindungi masyarakat yang lebih luas.
  • Tahun 2020 merupakan Tahun Internasional Perawat dan Bidan, dengan peringatan Hari Kesehatan Dunia 2020 adalah kesempatan untuk menyoroti pekerjaan keperawatan dan kebidanan di seluruh dunia, sambil mengangkat bahwa tenaga kesehatan ini merupakan salah satu sumber daya paling berharga di setiap negara didunia.


Fakta dan Angka

  • Tenaga keperawatan global adalah sekitar 28 juta, di mana lebih dari 19 juta adalah perawat profesional.
  • Wilayah Pasifik Barat memiliki sekitar 7 juta perawat, yang terdiri dari seperempat tenaga keperawatan global.
  • 95% perawat di Wilayah Pasifik Barat adalah wanita.
  • Setengah (51%) perawat di Wilayah Pasifik Barat berusia di bawah 35 tahun.
  • Satu perawat dari tiga (33%) di Wilayah ini dilahirkan atau dilatih di negara selain negara tempat praktiknya saat ini.
  • Pada 2018, kekurangan perawat di Wilayah itu diperkirakan 350.000, 89% dari kekurangan ini terkonsentrasi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Maka Hari Kesehatan Dunia 2020 juga merupakan kesempatan untuk membangun komitmen dan sumber daya untuk memperkuat tenaga kerja keperawatan dan kebidanan, meningkatkan pendidikan dan kondisi kerja mereka, dan memungkinkan mereka untuk bekerja sesuai potensi dan profesi mereka.

who-world-health-day2020

 

rskm-world-health-day2020


Referernsi :
WHO; World Health Day 2020

 


Baca Juga :

 

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button