Artikel

Proses Bisnis dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

proses-rawat-jalan

Pada umumnya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) awalnya berangkat dari pencatatan pendapatan dan pengeluaran dana (finasial) yang didalamnya terlibat berbagai komponen aktifitas yang dilaksanakan; misalnya obat, dokter, perlatan medik, dll.

Selanjutnya berkembang bahwa beberapa aktifitas yang rumit dan volumenya tinggi dimasukkan menjadi bagian dari sistem, dengan metoda seperti itu penyelenggaraan SIMRS banyak yang eksis dan handal; namun banyak juga yang mengalami kegagalan tidak mampu mengakomodasi proses proses yang ada; dan muncul berbagai pengecualian.

Desain Proses Bisnis
Maka untuk membangun Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS); menjabarkan dari strategi dilanjutkan dengan mendesaian Proses Bisnis yang berbasis pada transaksi finasial; namun harus memperhatikan setiap proses secara utuh dan detail dan memperhitungkan semua komponen yang terlibat dalam bentuk finansial. Komponen komponen tersebut adalah; a.l. : manusia, prosedur, sarana dan perlatanan, material, data, software dan infrastruktur; dll. Proses Bisnis merupakan bagian penting dari ruang lingkup dalam penyusunan dan penyelenggaraan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Sebagai contoh proses pelayanan Rawat Jalan; mulai dari pasien sebelum masuk ke rumah sakit melibatkan promosi, kerjasama (misalnya dengan perusahaan), pendaftaran (keuangan dan rekam medik), pelayanan diagnosa dan pengobatan (dokter dan tenaga medis), obat dan alkes (farmasi), pelayanan pasien pulang, dll.

Sehubungan rumah sakit dikelilingi oleh regulasi yang begitu banyak dan ketat, dalam pengembangan sistem informasi yang baik adalah didasarkan pada suatu desain Proses Bisnis yang sistematis sesuai dengan kaidah-kaidah serta memperhatikan peraturan-peraturan yang berlaku[ disesuaikan dengan kondisi rumah sakit saat ini dan rencana jangka panjang.

Proses Bisnis Pelayanan Utama (Front Office)
Setiap Rumah Sakit memiliki prosedur yang unik (berbeda satu dengan lainnya), tetapi secara umum/generik memiliki prosedur pelayanan terintegrasi yang sama yaitu proses pendaftaran, proses rawat (jalan atau inap) dan proses pulang (seperti pada gambar berikut).

Data yang dimasukan pada proses rawat akan digunakan pada proses rawat dan pulang. Selama proses perawatan, pasien akan menggunakan sumber daya, mendapat layanan dan tindakan dari unitunit seperti farmasi, laboratorium, radiologi, gizi, bedah, invasive, diagnostic non invasive dan lainnya. Unit tersebut mendapat order/pesanan dari dokter (misalnya berupa resep untuk farmasi, formulir lab dan sejenisnya) dan perawat.

Jadi dokter dan perawat sebagai aktor/SDM inti pada proses bisnis Rumah Sakit (seluruh order berasal dari mereka). Karena itu kami menyebutkan inti sistem ini sebagai order communation system.

Proses Bisnis Pelayanan Administratif (Back-Office)
Rumah Sakit merupakan unit yang mengelola sumber daya fisik (manusia, uang, mesin/alat kesehatan/aset, material seperti obat, reagen, alat tulis kantor, barang habis pakai dan sejenisnya).

Walaupun proses bisnis setiap Rumah Sakit unik tapi tetap terdapat proses umum, diantaranya perencanaan, pembelian/pengadaan, pemeliharaan stok/inventory, pengelolaan Aset, pengelolaan SDM, pengelolaan uang (hutang, piutang, kas, buku besar dan lainnya). Proses back office ini berhubungan/link dengan proses pada front office, digambarkan berikut ini.

Proses-proses bisnis tersebut di atas yang melibatkan data-data terstruktur, yang dapat dikelola dengan relational database management system, selain itu terdapat proses bisnis yang melibatkan data yang tidak terstruktur seperti alur kerja, surat diposisi, email, manajemen proyek, kolaborasi, team work, manajemen dokumen dan sejenisnya.

Proses bisnis data tidak terstruktur
Proses-proses bisnis tersebut di atas yang melibatkan data-data terstruktur, yang dapat dikelola dengan relational database management system, selain itu terdapat proses bisnis yang melibatkan data yang tidak terstruktur seperti alur kerja, surat diposisi, email, manajemen proyek, kolaborasi, team work, manajemen dokumen dan sejenisnya.

proses-bisnis-rs


Baca Juga :

 

RS KRAKATAU MEDIKA
Jl. Semang Raya,
Cilegon 42435
Banten, Indonesia
☎️ 62 254 396333

"Mitra Terbaik dalam Memelihara Kesehatan Anda"

WA Button